Wamenkeu Evaluasi Penggunaan Dana Cukai Di Kabupaten Malang

Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia Suahasil Nazara saat mengunjungi Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung.

MALANG – Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Suahasil Nazara, Rabu (31/3/2021) hadir ke Kabupaten Malang. Tepatnya di Balai Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung.

Kehadirannya dalam rangka Pemantauan dan Evaluasi Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) tahun 2021.

Kepada awak media, Suahasil berharap pemerintah Kabupaten Malang mampu meningkatkan produksi tembakau, sehingga mampu mengiringi peningkatan Evaluasi Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) yang masuk ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Di dalam Peraturan Menteri Keungan Republik Indonesia 50 persen DBH CHT tersebut digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, 25 persen perbaikan bidang kesehatan, dan 25 persen digunakan untuk perbaikan lingkungan usaha legal,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) untuk tahun anggaran 2021 sebesar Rp 3,47 triliun.

Sedangkan DBH CHT untuk Malang Raya pada tahun 2021 ini sebesar Rp 1,29 triliyun lebih. Sementara khusus untuk Kabupaten Malang pada tahun 2021 sebesar Rp 80 Miliyar lebih.

“Realisasinya untuk Kabupaten Malang sebesar Rp 16 Miliyar lebih,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto mengatakan Kabupaten Malang lahan penghasil tembakau di Kabupaten Malang mencapai 500 hektar, yang tersebar di wilayah Kecamatan Sumberpucung, Poncokusumo, Tumpang, Donomulyo, dan Wonosari.

“Penghasilannya pada tahun 2020 lalu mencapai 87,1 ton,” ujarnya.

Atas DBH CHT tersebut, Pemerintah Kabupaten Malang, menurut Didik bakal digunakan untuk mendirikan Rumah Sakit Jantung di area RSUD Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Pasalnya, ia beralasan 40 persen tingkat kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung.

“Apabila di Malang ada ruang untum Rumah Sakit Jantung, maka akan pastinya bisa membantu penderita penyakit jantung dari Banyuwangi hingga Pacitan,” pungkasnya.

Usai berkunjung ke Balai Desa Jatiguwi, Suahasil tampak mengunjungi beberapa petani tembakau yang berada di kawasan Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung.(red)

Baca Juga: