Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Walikota Sutiaji Ingatkan Protokol Kesehatan

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Walikota Sutiaji Ingatkan Protokol Kesehatan
Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Walikota Sutiaji Ingatkan Protokol Kesehatan

Malang – Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021 digelar Rabu pagi (05/05/2021) di halaman Balaikota Malang. Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, berkesempatan hadir dan memimpin apel tersebut.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel dari unsur TNI-POLRI, maupun Pemerintah Daerah. Nantinya, tujuan dari Operasi Ketupat 2021 sendiri agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman serta terhindar dari bahaya Covid-19.

Tidak hanya menyampaikan amanat Kapolri tentang Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021, Walikota Sutiaji juga menyematkan pita tanda operasi secara simbolis kepada perwakilan personel yang akan bertugas dalam operasi tersebut.

“Dalam sambutan Kapolri ditegaskan bahwa Operasi Ketupat ini jangan dipandang rutinitas. Karena dalam frekuensi setiap tahunnya ini mengalami jenis-jenis tindakan kriminal yang beda-beda. Maka menjadi kewaspadaan kita semua,” tegas Walikota Sutiaji.

Selain meningkatkan kewaspadaan akan tindakan Curas (pencurian dan kekerasan), maupun Curanmor (pencurian kendaraan bermotor), imbuh Walikota Sutiaji, kewaspadaan akan masuknya varian baru virus Covid juga harus ditingkatkan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir dalam apel tersebut, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, Komanda Kodim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadhona, Pj Sekretaris Daerah Kota Malang, Hadi Santoso, Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Priyadi, Kepala Dinas Perhubungan, Heru Mulyono, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Rinawati, serta kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Alie Mulyanto.

Selanjutnya, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, kerap terjadi kecenderungan peningkatan aktivitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan sehingga dapat meningkatkan penyebaran virus Covid-19 di berbagai pusat keramaian. Karenanya Walikota Sutiaji berharap, pengamanan dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh seluruh jajaran dalam rangka menempatkan keselamatan masyarakat.

“Karenanya kita nanti minta kepada Sekda untuk memerintahkan ke Kasatpol PP, Dinas Kesehatan, Disporapar, untuk mengecek ke mall-mall. Nanti ada tim gabungan itu keliling, memastikan pengunjung di mall, di tempat-tempat wisata. Dipastikan memakai protokol kesehatan, dipastikan jumlah pengunjungnya tidak melebihi 50 persen kapasitas. Memastikan bahwa di sana tidak ada kerumunan masa,” tandas orang nomor satu di Kota Malang itu.

Nantinya, Operasi Ketupat 2021 ini akan digelar serentak di Indonesia selama 12 hari mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021. Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simamarta menyatakan, pihaknya telah menyiapkan Pos Pengamanan yang tersebar di berbagai titik di Kota Malang.

“Kita akan mulai tanggal 6. Jadi besok kita sudah mulai, dini hari pukul 00.00 dan berakhir pada tanggal 17 dini hari juga. Nanti akan terdiri dari TNI-POLRI, juga dari Pemerintah Kota. Ada Dinas Kesehatan dan Satpol PP, juga dari relawan yang akan mengisi pos-pos pengamanan kita,” ujar Leonardus. (sfr)

Baca Juga: