Peringatan HUT RI ke-76, Walikota Sutiaji Ingatkan Masyarakat untuk Tangguh dan Tumbuh Bersama

Peringatan HUT RI ke-76, Walikota Sutiaji Ingatkan Masyarakat untuk Tangguh dan Tumbuh Bersama
Peringatan HUT RI ke-76, Walikota Sutiaji Ingatkan Masyarakat untuk Tangguh dan Tumbuh Bersama

MALANG – Upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 resmi digelar di Balaikota Malang, pagi ini (17/8). Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, hadir sebagai inspektur upacara. Dalam suasan pandemi, upacara di hari kemerdekaan tersebut dihadiri peserta terbatas dan diselenggarakan secara hybrid dengan diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Malang secara virtual.

Memaknai perjalanan panjang 76 tahun bangsa ini merdeka, Walikota Sutiaji mengajak masyarakat untuk merenungkan makna tangguh dan bertumbuh. “Tema yang telah diambil oleh Indonesia (HUT RI, red), adalah Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh. Pesan ini sangat-sangat berarti bagi kita. Menunjukkan bahwa kita ini memang harus tangguh. Maka harus saling menghargai diantara bersama kita semua, saling berbagi, berbagi peran, untuk menguatkan kita semua.” urai Walikota Sutiaji.

Menurut orang nomor satu di Kota Malang itu, peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ini sekaligus sebagai momentum untuk menguatkan spirit kepedulian dan bangkit bersama guna membangun Indonesia. “Tidak ada yang kuat, yang kuat adalah kebersamaan. Kuncinya tumbuh yaitu karena kita bersama, karena kita tangguh. Itu yang harus diviralkan” tuturnya.

Tema hari ini, lanjut Walikota Sutiaji, yang harus ditekanan bukan hanya dimusim pandemi saja tapi juga dalam membagun Indonesia ke depan harus melalui kerjasama dan kebersamaan. Sehingga ini menjadi kekuatan kita bersama.

Walikota Sutiaji berharap dengan kuatnya kebersamaan tersebut dapat mewujud-kan indonesia tangguh dan indonesia tumbuh. “Kalau sudah tangguh, Insyaa Allah semua godaan kita, ujian kita, ujian dari manapun, mampu kita hadapi dengan baik. Jadi pertumbuhan ekonomi mudah terukur, apa yang akan digerakkan dan cita-cita Indonesia merdeka ini benar-benar merdeka yang sesungguhnya. Sehingga kita bisa menjadi bangsa yang bermartabat,” pungkasnya.

Nampak hadir dalam upacara tersebut, Jajaran Forkopimda Kota Malang, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji, Wakil Ketua I TP PKK Kota Malang, Elly Sofyan Edi, ibu-ibu Forkopimda Kota Malang, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Malang, serta jajaran pejabat sipil dan TNI/POLRI di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

Upacara bendera pagi tadi diakhiri dengan menyerahkan tali asih kepada Ketua LVRI, Letkol (Purn) Harijono, Ketua PEPABRI, Kolonel Arh (Purn) Chrisetyono, dan Ketua DHC’45 Kolonel (Purn) Utuh Agung Minarno ST, MM.

Terakhir, Walikota Sutiaji bersama jajaran dan tamu undangan melanjutkan kegiatan dengan mengikuti secara virtual upacara bendera dari Istana Kepresidenan di Ruang Sidang Balaikota Malang. Nantinya, rangkaian peringatan HUT ke-76 RI di Kota Malang tersebut akan ditutup dengan upacara penurunan bendera di sore hari.