Ngaku Orang Sakti, ‘Gus’ Gadungan di Kabupaten Malang Tipu Banyak Korban

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar dan Kasatreskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo menjelaskan kronologi penipuan oleh tersangka Eko Supriyanto.

MALANG- Nekat benar Eko Supriyanto. Warga Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang itu melakukan penipuan berkedok orang sakti.

Mirisnya, dia memakai atribut layaknya seorang ahli agama dan mengaku sebagai seorang ‘Gus’.

Memakai nama ‘Gus Juan Penatas’ asal Martapura, pria 40 tahun itu berhasil menipu setidaknya lima korban.

“Modus penipuannya, tersangka ini mengaku bisa mengobati penyakit dan mampu mempercepat keinginan korban untuk menunaikan haji lebih cepat, karena ia mengaku mempunyai teman di Kementerian Agama,” ungkap Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, Jumat (19/2/21).

Syaratnya, para korban harus menyetor uang sebesar Rp 10-20 juta.

Bahkan satu korbannya diiming-iming bisa berangkat haji sepasang dengan istrinya pada tahun 2025 mendatang dengan setoran Rp 10 juta.

“Padahal, pelaku sebanarnya tidak benar-benar mempunyai teman di Kementerian Agama. Tersangka berpura-pura menelpon teman yang disebutnya itu. Padahal, saat itu handphonenya sebenarnya mati,” beber kapolres.

Polisi pun terus mendalami kemungkinan tersangka juga melakukan penipuan serupa di luar Malang.

Akibat perbuatannya itu, pelaku dikenakan pasal 365 ayat 1 dan 3 KUHP jo pasal 56 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Kelakuan Eko makin tak pantas dan bikin geleng-geleng kepala, karena uang hasil dari menipu dipakainya untuk menyewa wanita panggilan. (red)

Baca Juga: