Mudik NO, Bepergian se-Malang Raya YES

Gerbang exit Tol Mapan via Madyopuro
Gerbang exit Tol Mapan via Madyopuro

MALANG – Warga Kota Malang dibuat bingung dengan munculnya pemberitaan larangan mudik dan bepergian meski hanya antar wilayah Malang Raya, yakni ke Kota Batu maupun Kabupaten Malang.

Padahal, untuk perjalanan selain mudik masih diizinkan di wilayah Rayon 2 Malang selama momen Idul Fitri 1442 H ini.

“Masih boleh. Untuk Rayon 2 Malang meliputi Kota dan Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota dan Kabupaten Pasuruan, serta Kota dan Kabupaten Probolinggo,” terang Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution, Selasa (4/5/21).

“Saya tegaskan yang dilarang adalah mudik. Sementara perjalanan selain mudik silahkan, namun masyarakat tetap harus berperdoman pada protokol kesehatan,” serunya.

Untuk menegakkan aturan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021, Polresta Malang Kota saat ini mulai melakukan penyekatan. Di wilayah Kota Malang, penyekatan dilakukan di exit tol Madyopuro.

“Penyekatan sudah kita lakukan setiap harinya, namun kita tidak melakukan penyekatan secara provinsi, karena wilayah kita berada di tengah-tengah. Titik penyekatan Kota Malang hanya di exit tol Madyopuro,” beber Rama, sapaan akrabnya.

Penyekatan di exit tol dilakukan dengan menyiagakan personel 24 jam. Untuk kendaraan selain plat N akan diperiksa secara random.

Untuk kendaraan selain plat N, jika pengemudi tidak membawa keterangan perjalanan dinas dari instansi atau perusahaan dan menyertakan hasil PCR test, maka yang bersangkutan tidak boleh masuk ke wilayah Kota Malang. (red)

Baca Juga: